Minggu, 29 April 2012

Cara Merawat Kulit Kering


Bagi anda yang memiliki kulit kering, pasti merasa sebal karena kulit terasa tidak segar dan terlihat berkeriput. Ada baiknya jika anda mengenali penyebabnya dan cara merawatnya agar anda dapat menjaga kesehatan kulit anda. Cuaca yang dingin maupun panas, bisa membuat kulit menjadi sangat kering. Biasanya mulai dari terasa kasar, mengelupas, hingga akhirnya pecah-pecah. Kulit kering mempunyai kadar minyak yang rendah dan cenderung sensitif. Tampilannya terlihat kusam, terasa kaku seperti tertarik setelah mencuci muka dan akan mereda setelah dilapisi dengan krim pelembab .
Faktor penyebab kulit kering bisa karena lingkungan seperti udara dingin, sinar matahari, angin, radikal bebas atau paparan sabun yang berlebihan saat mandi/mencuci muka. kulit kering juga merupakan bentuk lain dari tanda tidak aktifnya kelenjar thyroid dan komplikasi pada penderita diabetes.
Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit menjadi kering, bisa disebabkan oleh faktor genetik, kelenjar minyak tidak memberi cukup lubrikasi untuk kulit sehingga kulit mengalami dehidrasi. Hal lainnya adalah pola makan yang buruk, kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin A dan B.
Atau faktor lingkungan seperti terpapar sinar matahari, angin, udara dingin, radikal bebas atau paparan sabun yang berlebihan saat mandi atau mencuci muka. Kondisi lainnya adalah karena terkena penyakit kulit, eksim, psoriasis dan sebagainya.
Sebenarnya kulit kering merupakan bentuk lain dari tanda tidak aktifnya kelenjar thyroid dan komplikasi pada penderita diabetes.
Cara untuk merawat kulit kering adalah menghindari mencuci muka dengan air mentah karena residue nya dapat mengeringkan kulit anda tetapi anda juga jangan gunakan air hangat. Jadi sebaiknya anda gunakan air mineral yang sudah mengalami proses sterilisasi.
Jangan gunakan waslap yang memiliki permukaan bahannya bertekstur karena akan membuat kulit anda teriritasi. Mulailah anda biasakan menyemprotkan air mineral pada pagi hari setelah anda bangun tidur dan keringkan dengan handuk yang lembut.
Untuk membersihkan kulit kering sebaiknya anda gunakan cleansing milk. Lalu pijatlah wajah anda dengan lembut saat anda membersihkan dan saat membubuhkan pelembap. Pilihlah pembersih dengan pH balanced dan non detergent. Hindari menggunakan sabun saat membersihkan wajah karena tidak saja kotoran yang terangkat tetapi juga minyak alami dalam kulit wajah anda yang berfungsi melindungi kulit anda.
Sedangkan untuk perawatan tubuh anda bisa kenakan baby oil setelah selesai mandi agar kelembaban kulit anda tetap terjaga. Hindari menggunakan sabun yang kadar alkalinnya tinggi. Untuk tetap menjaga kelembaban kulit sebaiknya anda lakukan masker khusus untuk kulit kering seminggu sekali. Tetapi jangan sampai terkena area mata, dimana garis-garis halus paling cepat muncul. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar