Minggu, 29 April 2012

Manfaat Wortel untuk Kecantikan


Kulit wajah yang halus dan lembut tentu menjadi dambaan kaum perempuan. Untuk mendapatkan itu, selain dengan membersihkan wajah secara teratur setelah beraktivitas, sebaiknya gunakan wortel untuk merawat wajah Sebab, wortel banyak mengandung vitamin A yang membantu menghaluskan kulit wajah.
Cara :
  • Kupas 2-3 buah wortel, cuci hingga bersih, parut dan peras untuk diambil airnya.
  • Oleskan air perasan wortel ke seluruh wajah, tunggu hingga kering dengan sendirinya.
  • Namun, bila ingin mendapatkan hasil maksimal, tempelkan pula ampas wortel ke seluruh wajah.
  • Diamkan 15 menit, jangan banyak bergerak dan bicara agar tak retak. Angkat dan bersihkan menggunakan air dingin. Lakukan perawatan dengan ramuan wortel secara teratur.
Wortel mengandung retinol yang sangat bagus untuk mencegah penuaan dini. Retinol yang diaplikasikan pada kulit akan meresap hingga ke lapisan epidermis kulit, sehingga bisa mencegah terjadinya penuaan dini.
Cara :
Siapkan 2-3 buah wortel ukuran sedang, kupas dan bersihkan. Kemudian parut hingga halus. Tambahkan empat tetes minyak zaitun dan dua sendok makan madu. Aduk-aduk hingga tercampur seluruhnya.
Ambil sedikit dan oleskan ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan menggunakan air hangat.
Lakukan perawatan itu seminggu sekali untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis-garis seputar mata.

Terik matahari tidak hanya membuat kulit ‘terbakar’, tetapi juga menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Untuk merawatnya, coba manfaatkan ampas dari jus wortel sebagai masker yang efektif untuk menyegarkan kulit wajah yang ‘terbakar’ sinar matahari. Kandungan potassium dan mineral dalam wortel mampu menutrisi kulit, sehingga kulit tetap segar dan lembab.
Cara:
  • Ambil dua buah wortel berukuran sedang. Pilih wortel impor yang mengandung air lebih tinggi. Kupas bagian terluar menggunakan alat serut khusus (atau kerok dengan pisau), cuci hingga bersih, kemudian parut.
  • Peras airnya dan tempatkan ampasnya dalam mangkuk kecil. Tambahkan satu sendok teh madu, kemudian aduk-aduk hingga merata.
  • Gunakan campuran ampas wortel dengan madu tersebut sebagai masker, dengan cara mengoleskannya pada wajah. Diamkan 15 menit, kemudian bersihkan menggunakan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar