Minggu, 29 April 2012

Mitos jerawat 2

1. Sering Mencuci Muka Dapat Mengurangi Jerawat

Jerawat tidak disebabkan karena lingkungan yang kotor. Jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pada kelenjar sebaceous. Mencuci muka lebih sering justru dapat menyebarkan infeksi lebih lanjut dan meninggalkan bekas luka di wajah.

2. Pasta Gigi Dapat Menyembuhkan Jerawat

Pasta gigi tidak dapat menyembuhkan jerawat. Untuk menyembuhkan jerawat, Anda harus menggunakan topikal seperti benzoil peroksida. Antibiotik dapat membantu jika jerawat Anda telah meradang. Asam salisilat adalah obat lain yang dapat Anda gunakan. Tanyakan dokter Anda terlebih dahulu sebelum Anda memakai obat jerawat apapun.

3. Jerawat Hanya Bagi Anak Remaja

Tidak hanya remaja, tapi semua orang bisa berjerawat. Jerawat tidak hanya terhubung dengan kalangan remaja. Sebagian besar remaja memiliki jerawat karena perubahan hormon dalam usia remaja mereka.

4. Rosacea Sama Dengan Jerawat Kronis

Rosacea tidak ada hubungannya dengan jerawat. Rosacea adalah jenis kelainan yang berbeda walau terkadang nampak seperti jerawat.

5. Anda Bisa Berjerawat Di Bagian Tubuh Lain Selain Wajah

Anda bisa berjerawat di bagian tubuh manapun di mana sebaceous terhubung dengan folikel rambut. Tempat lain seperti lengan atas, dada, dll, semua rentan terhadap jerawat.

6. Jerawat Hanyalah Penyakit Akibat Kosmetik

Ya, jerawat memang akan mempengaruhi bagaimana cara pandang orang lain terhadap diri Anda namun sebaliknya tidak akan memberikan ancaman serius pada kesehatan fisik seseorang. Bagaimana pun juga, jerawat dapat menyebabkan bekas luka yang permanen - ditambah jerawat itu sendiri sebagaimana bekas luka yang ditimbulkannya dapat mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap dirinya sendiri yang pada akhirnya akan mempengaruhi hidup mereka.

7. Memencet Jerawat Dapat Membuatnya Lebih Cepat Hilang

Memencet jerawat mungkin dapat membuatnya terlihat berkurang untuk sementara waktu, tapi memencet jerawat justru dapat menyebabkan jerawat itu bertahan lebih lama. Dengan memencet jerawat, Anda sebenarnya sedang mendorong bakteri lebih jauh ke dalam kulit, menyebabkan pembengkakan yang lebih parah - dan terkadang menyebabkan tanda atau bekas luka berwarna merah atau pun coklat di permukaan kulit. Terkadang bekas luka yang terlihat baru dapat hilang setelah berbulan-bulan dan bekas luka yang parah (penyok dan berlubang) akan bertahan selamanya.

8. Matahari Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat

Sinar matahari mungkin dapat bekerja dalam jangka waktu pendek untuk menyamarkan jerawat yang ada saat kulit Anda memerah. Namun, terbakar matahari sebenarnya merupakan kerusakan kulit. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan iritasi yang dapat membuat jerawat semakin parah. Orang seringkali melihat bagaimana kulit mereka mengelupas ketika kulit sedang pulih dari kerusakan akibat sinar matahari. Matahari adalah bantuan jangka pendek yang justru akan menyerang balik dengan lebih banyak jerawat dalam minggu-minggu setelah kulit terpapar matahari. Tapi saya tidak ingin memberikan kesan bahwa matahari itu jahat. Tidak seperti itu. Kita mendapatkan vitamin D dari matahari bukan? Membatasi paparan sinar matahari di daerah yang rawan terkena jerawat di tubuh Anda adalah hal yang bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar