Minggu, 29 April 2012

Cara Merawat Rambut


Rambut adakah mahkota wanita. Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang indah dan sehat. Kunci utama mempunyai rambut indah adalah selalu menjaga kelembapan alami rambut. Merawat rambut bukanlah hal yang mudah jika tidak memahami dan mengenali jenis rambut. Sebelum melalukan perawatan rambut sebaiknya kenalilah jenis rambut yang dimiliki sehingga dapat memudahkan merawatnya dengan baik dan benar.
Untuk membuat rambut tidak terlihat kering dan kusam sebaiknya gunakanlah shampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut. Conditioner dapat dibuat sendiri menggunkan bahan-bahan alami sehingga tidak perlu lagi melakukan perawatan rambut di salon yang cukup mengeluarkan dana. Lumayan untuk menghemat pengeluaran (asyik…bisa dipake untuk belanja keperluan lain deh)
Berikut ini adalah cara merawat rambut secara alami :

1. Rambut Berminyak

Ada beberapa penyebab sehingga rambut menjadi berminyak yaitu karena faktor keturunan, terlalu jarang mencuci rambut dan aktivitas hormon yang tinggi. Gunakanlah shampo yang ringan dan shampo khusus untuk rambut berminyak seperti shampo bayi. Cucilah rambut setiap hari, sebaiknya bilas dengan air dingin secara menyeluruh, hindari membilas rambut dengan menggunakan air hangat karena dapat membuat kulit kepala semakin berminyak.

Perawatan rambut berminyak juga bisa menggunakan minyak kelapa atau jojoba. Gunakanlah conditioner hanya diujung-ujung ranbut saja, dan hindarilah menggunakan conditioner pada batang rambut yang berada di dekat akar rambut. Bisa juga menggunakan bahan-bahan tradisional dengan jeruk lemon, yaitu balurkan perasan jeruk lemon pada kulit kepala dan rambut untuk mengurangi minyak yang ada pada kulit kepala dan rambut.

2. Rambut Patah dan Rusak

Jika mempunyai rambut yang patah dan rusak maka gunakanlah conditioner yang mengandung banyak pelembab. Hindarilah melakukan pengeritingan atau mewarnai rambut hingga rambut dalam keadaan baik. Saat mencuci rambut sebaiknya gosok rambut dengan lembut pada kulit kepala.

Untuk rambut patah dan rusak buatlah conditioner dengan yoghurt. Caranya adalah campur yoghurt tawar kemasan kecil, satu butir putih telur, dan satu sendok makan madu. Sebaiknya gunakan pada rambut yang basah. Lalu diamkan selama sekitar kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal gunakan sebanyak 2 kali seminggu.

3. Rambut Kering

Jika mempunyai jenis rambut kering dan kusam pasti sangat mengganggu penampilan, selain jenis rambut ini sering kusut dan sulit diatur, rambut menjadi lemah dan sangat mudah rontok. Rambut yang kering harus diberikan kelembaban ekstra. Untuk mengatasi hal ini bisa membuat conditioner yang mudah, yaitu dengan cara membuat campuran dari 2 sendok makan mayonaise dan satu buah alpukat. Aduk merata hingga tekstur alpukat terasa lembut. Sebaiknya gunakan pada rambut yang agak basah sambil memberikan pijitan ringan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan 4 kali seminggu untuk hasil maksimal
4.Rambut Yang Sulit Diatur
Jika memunyai jenis rambut seperti ini, memang gampang-gampang susah dalam merawatnya karena rambut cepat kusut dan sulit untuk diatur. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya membuat conditioner sendiri. Caranya yaitu campurkan perasan air dari 1 buah jeruk lemon dengan seperempat gelas minyak zaitun dan 2 buah butir telur. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang basah juga kulit kepala. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Karena minyak zaitun akan membantu rambut menjadi tidak kusut dan mudah ditata. Vitamin dan nutrisi dari telur dan jeruk lemon membuat rambut lebih bersinar dan sehat, serta merangsang pertumbuhan pada rambut. Untuk hasil maksimal gunakan sebanyak 2 kali seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar